www.domainesia.com

Cara Install MyBB

Apa itu myBB?
MyBB adalah platform software forum yang dikembangkan oleh MyBB Group. MyBB adalah gratis dan open source, intuitif, extensible, software forum yang sangat kuat. Fitur MyBB dapat anda lihat disini.

Persiapan

  1. Anda akan memerlukan web host untuk menjalankan forum Anda Web host Anda harus memenuhi persyaratan dasar untuk beberapa MyBB untuk berjalan dengan baik. Minimal: PHP 5.2, MySQL 5.0 / PostgreSQL 8.1 / SQLite 3, rekomendasi: PHP 5.5, MySQL 5.5.
  2. Download MyBB versi terbaru disini. Lalu unzip/decompress file tersebut. Untuk windows Anda dapat menggunakan built in utility atau 7-zip.
  3. Upload File. Didalam .zip tersebut ada 2 folder, yaitu Documentation dan Upload. Documentation berisi informasi penting, namun tidak wajib untuk di upload. Anda wajib meng-upload isi folder Upload di folder root webhost Anda (biasanya www / htdocs / httpdocs / public_html) atau subdirectori dari folder root Anda (seperti /forum atau /community). Anda bisa menggunakan FileZilla untuk menguploadnya atau menggunakan fitur file manager di hosting anda.
  4. File Permissionchmod 666 inc/config.php inc/settings.php dan chmod 777 cache/ cache/themes/ uploads/ uploads/avatars/.
  5. Create Database MySQL terlebih dahulu. Username, Password, Name di isi terserah Anda. lalu Add User And Database, dan centang Check All.
  6. Install. Untuk akses installer MyBB, silahkan akses install/ directory anda (misalnya www.ri-cyber.com/install/).
  7. Welcome. Klik Next di halaman ini.
  8. License Agreement. silahkan anda baca persetujuan licensenya, kemudian klik next.
  9. Requirements Check. jika web anda tidak memenuhi syarat maka anda akan diberitahu disini, jika memenuhi syarat maka anda klik Next.
  10. Database Configuration. Database engine: MySQL, Hostname: localhost, Username: username_db, Password: pass_db, Name: username_db (diisi sesuai step 5). Kemudian klik tombol Next.
  11. Table Creation, klik Next
  12. Data Insertion, klik Next
  13. Theme Installation, klik Next
  14. Board Configuration. Forum name: Nama Forum, Forum URL: tidak usah diubah, Website Name: Nama Website, Website URL: URL Website, Cookie Domain: .yourdomain.com , Cookie Path: isi / jika anda install di root, isi /forum jika anda install didirectory /forum , Contact Email: contact@email.com (diisi terserah anda)
  15. Create Administrator Account. Ini adalah proses pembuatan akun forum pertama, alias akun Administrator yang mempunyai akses ke semua ACP. diisi terserah anda
  16. Selesai. Selamat! Anda telah berhasil menginstal MyBB Anda. Anda harus menghapus directory /install di forum anda untuk mencegah penjalanan install kembali oleh orang lain. Installer tidak akan berjalan karena ada file lock, jika file ini dihapus maka installer dapat kapan saja dijalankan.


Sumber: MyBB.com (diterjemahkan oleh Rifqi).
Jika ada yang kurang jelas, silahkan komentar :) kami akan membantu Anda :)

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
DomaiNesia
DomaiNesia