www.domainesia.com

Cara Supermarket Memengaruhi Keputusan Anda Saat Berbelanja

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi keputusan kita saat berbelanja di supermarket. Beberapa kita sadari namun beberapa mungkin tidak kita sadari. Saya yakin bahwa ada ilmu yang mendalaminya. Namun karena saya bukan ahli, saya akan menuliskan sebatas apa yang saya ketahui.


Faktor Pencahayaan



Pernah memperhatikan sistem pencahayaan yang digunakan di supermarket? Lampu-lampu yang sangat terang ditata berderet dan berjejer, sehingga dapat menerangi seluruh barang-barang yang dipajang dengan sangat jelas. Penataan lampu ini bukan tanpa alasan, sebab apabila diterangi dengan lampu yang terang, barang yang dijual akan terlihat lebih menarik sehingga membuat kita ingin membelinya walaupun terkadang tidak sedang memerlukan.


Faktor Penataan Barang



Barang yang dijual di supermarket ditata dengan penataan yang sangat sistematis dan terencana. Barang-barang dengan jenis yang sama ditaruh dengan tempat yang berdekatan, sehingga pembeli bisa membandingkan barang-barang dengan jenis yang sama dengan harga yang berbeda-beda. Tentu ini mempengaruhi keputusan kita untuk membeli sesuatu.

Selain itu, saya sering merasa bahwa manajemen supermarket membuat penataan lorong sedemikian rupa sehingga pengunjung tanpa sadar berjalan dengan alur yang telah ditentukan, mulai dari pintu masuk hingga kasir. Penataan yang saya maksudkan ini biasanya dilakukan dengan cara menaruh keranjang dengan barang-barang diskon, semisal buah, di tengah-tengah persimpangan lorong. Walaupun tidak menutupi lorong sepenuhnya, namun cukup efektif untuk membuat pengunjung berjalan memutar.


Penulisan Harga Promosi



Hampir di setiap supermarket, harga promosi selalu ditulis dengan tulisan yang sangat besar dan mencolok. Ingin tidak ingin pengunjung akan memperhatikan harga tersebut. Apabila harga promosi yang ditawarkan menarik, tentu hal ini mempengaruhi keputusan pengunjung saat berbelanja.


Promosi Dadakan



Supermarket sering mengadakan promosi dadakan yang diumumkan melalui pengeras suara. Promo ini biasanya berlaku untuk barang-barang tertentu, yaitu barang yang tidak tahan lama seperti daging dan buah-buahan segar.

Saya pernah mengalami sendiri promosi dadakan ini. Waktu itu promo yang ditawarkan adalah diskon 20%, selama 20 menit, untuk semua produk daging dan buah segar. Pengumuman melalui pengeras suara tersebut cukup membuat pengunjung berbondong-bondong untuk membeli daging (mirip seperti di gambar ilustrasi).


Video dari CBC Marketplace (salah satu program televisi favorit saya) di bawah ini mengilustrasikan bagaimana strategi supermarket dari aspek-aspek terkecil sekalipun dapat mempengaruhi ketertarikan dan keputusan kita untuk belanja.



*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
DomaiNesia
DomaiNesia