www.domainesia.com

Bandara Baru di Yogya Ditargetkan Beroperasi 2018


Jakarta - Direktur Utama PT. Angkasa Pura I Tommy Soetomo menyatakan pihaknya mempersiapkan konsep pembangunan bandara baru di Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta agar ideal sebagai bandara berskala internasional.

"Bandara baru Yogya ini bakal jadi bandara modern dengan fasilitas intermoda," ujar Tommy di sela pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Keraton Kilen Yogyakarta Kamis, 5 Feberuari 2015.

Sarana intermoda yang dimaksud yakni lajur khusus kereta api yang bisa mengakses langsung area bandara. Satu-satunya bandara di Indonesia yang sudah memiliki intermoda ini hanya Bandara Kuala Namu, Medan, Sumatera Utara.

Pihak Angkasa Pura bersama Menteri Perhubungan Ignasius Jonan pada Kamis mengecek langsung lokasi pembangunan bandara pengganti Bandara Adi Sutjipto tersebut di Kecamatan Temon Kabupaten Kulonprogo. Usai cek lokasi calon bandara, Menteri Jonan dan Angkasa Pura menggelar pertemuan dengan Pemerintah DIY, dan Badan Pertanahan Nasional dialog ihwal tahapan pembangunan yang bakal berdiri di lahan 630 hektar itu.

Tommy menuturkan, konsep desain awal bandara baru Yogya ini memiliki landasan pacu (runway) minimal 3.250 meter. Bandara lama Adi Sutjipto Yogya saat ini hanya memiliki landasan pacu sepanjang 2.200 meter. "Dengan landasan pacu sepanjang itu, pesawat penumpang terbesar bisa masuk," ujar Tommy.

(sumber: tempo.co)

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
DomaiNesia
DomaiNesia