www.domainesia.com

Tips Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Di bulan Ramadan, Allah SWT menyiapkan satu malam yang pahalanya lebih baik daripada seribu bulan lainnya yang disebut Lailatul Qadar. Jika kita berbuat satu kebaikan pada malam tersebut, pahalanya sama dengan ibadah selama 1.000 bulan atau 83 tahun!

Lantas, kapan Lailatul Qadar terjadi? Menurut keterangan, Lailatul Qadar terjadi pada malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan.

Nabi Muhammad SAW ketika memasuki sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan memilih fokus beribadah, mengisi malamnya dengan dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut beribadah. (HR Al-Bukhari)

Dari Hadits tersebut sudah jelas bahwa Rasulullah Muhammad SAW meningkatkan ibadahnya di 10 malam terakhir bulan Ramadan. Saking istimewanya malam Lailatul Qadar, Rasulullah sampai membangunkan keluarganya untuk beribadah bersama.


Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan pada sembilan, tujuh, dan lima malam yang tersisa. (HR. Bukhari)

Apa saja hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar? berikut beberapa tips yang bisa kamu amalkan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar:

  • Jangan menunda-nunda ibadah. Ingat, malam Lailatul Qadar ini malam yang lebih mulia daripada seribu bulan lainnya. Jadi jangan menunda-nunda lagi untuk beribadah. Tadarus selepas tarawih, zikir, shalat di sepertiga malam (tahajud), dan lainnya.
  • Pelajari doa'a khusus. Selama 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, coba lafalkan do'a khusus malam lailatul Qadar. 
Dari Syayidah 'Aisyah, r.a. Ia berkata: Saya bertanya kepada Rasulullah SAW, Apa pendapat Engkau, seandainya aku menemukan malam Lailatul Qadar, maka do'a apakah yang semestinya aku ucapkan pada malam itu? Rasullullah SAW, menjawabnya; berdo'alah dengan mengucapkan **"Ya Tuhanku, sesungguhnya Engakau Dzat Maha Pengampun, dan menyukai memberikan pengampunan kepada hamba-Nya, maka ampunilah kesalahanku"**. (H.R. Lima Imam hadits, kecuali imam Abu Daud)
  • Tidur siang. Agar tidak merasa ngantuk dan malas beribadah di malam hari, coba tidur siang antara waktu Dzuhur dan Ashar.
  • Install aplikasi pendukung di smartphone. Daripada cuma untuk chatting atau streaming, silakan install aplikasi pendukung yang akan membantu kamu mendapatkan malam Lailatul Qadar.

Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam Bishawab.

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
DomaiNesia
DomaiNesia