www.domainesia.com

15 Smartphone Android Tahan Air Terbaik dan Terbaru 2017


Seperti yang kamu lihat dan rasakan sendiri, teknologi yang ada di smartphone semakin canggih. Smartphone mampu melakukan banyak hal baru untuk membantu kehidupan kita sehari-hari.

Namun, rata-rata smartphone sangat rentan rusak terhadap air dan debu. Maka dari itu, Jaka mau bahas smartphone Android tahan air terbaik dan terbaru edisi 2017.

Fitur Waterproof atau tahan air ini memang menjadi nilai tambah yang sangat penting untuk memberi perlindungan ekstra pada sebuah smartphone. Terkhusus buat kamu yang aktif beraktivitas di luar rumah.

Kabar baiknya, mulai banyak pabrikan ponsel yang merilis produk teranyar mereka dengan kemampuan kedap air yang bisa diajak basah-basahan. Dari mulai Sony, Samsung, hingga LG.

1. LG G6


LG memang selalu menawarkan sesuatu yang berbeda. Tahun lalu misalnya, LG G5 membawa desain modular yang sangat inovatif. Namun tahun 2017, LG menanggalkan desain modular dan lebih fokus untuk membuat bodi LG G6 yang tangguh dan tahan lama.

Guna membawa pengalaman dalam kenyamanan penggunaan smartphone, LG G6 mengusung layar 5,7 inci yang luas tapi dalam bodi tidak lebih besar dari LG G5 dengan layar 5,3 inci.

Nah smartphone stylish ini dibalut dengan paduan bahan kaca dan bingkai metal yang sangat kokoh. Ditambah perlindungan ekstra sertifikasi IP68 untuk fitur tahan air dan debu.

2. Sony Xperia XZ Premium


Smartphone tahan air terbaik edisi 2017 selanjutnya adalah Sony Xperia XZ Premium dengan sertifikasi IP68. Keunggulan utamanya terletak pada layar 5,5 inci dengan resolusi 4K dan sensor kamera teknologi baru yang disebut Motion Eye.

Dapur pacunya juga tidak main-main, Xperia XZ Premium merupakan smartphone pertama yang resmi diumumkan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 835 berpadu RAM 4 GB dan sudah menjalankan Android 7.0 Nougat.

3. Sony Xperia XZs


Selain Xperia XZ Premium, Sony juga merilis smartphone tahan air Xperia XZs di MWC 2017 dengan sertifikasi IP68. Ponsel tahan air ini juga mengunggulkan kamera Motion Eye.

Spesifikasinya disunat, Sony Xperia XZs dibekali layar 5,2 inci 1080p dengan chipset Snapdragon 820 dan RAM 4 GB. Soal ketersediaan, rencananya bakal meluncur di bulan April secara global dan semoga saja harganya murah ya.

4. Samsung Galaxy A3 2017


Pada awal bulan Februari lalu, Samsung telah resmi meluncurkan trio Galaxy A terbaru versi 2017 di Indonesia, yakni Galaxy A3, Galaxy A5, dan Galaxy A7 (2017).

Nah Samsung Galaxy A3 edisi 2017 merupakan smartphone Android tahan air paling murah besutan Samsung. Nah, dibandingkan keluaran tahun lalu, tentunya Galaxy A3 2017 membawa sejumlah peningkatan.

Bagian dapur pacunya punya peningkatan yang cukup signifikan, yakni prosesor Octa-core 1,6GHz dan RAM yang meningkat menjadi 2 GB.

Kemudian bagian kamera depan menjadi 8 MP dari 5 MP, sudah menggunakan USB Type-C, sudah dilengkapi sensor fingerprint, dan tentu saja bodi dengan sertifikasi IP68 untuk tahan air dan debu.

5. Samsung Galaxy A5 2017


Berlanjut ke Samsung Galaxy A5 (2017), smartphone tahan air dengan sertifikasi IP68 ini mengusung layar Super AMOLED 5,2 inci 1.080p. Bagian kamera meningkat secara signifikan, menjadi 16 MP depan dan belakang.

Dapur pacunya juga meningkat, dengan Exynos 7880 Octa-core 1,9GHz, RAM sebesar 3 GB, dan penyimpanan internal 32 GB. Fitur unggulan lainnya ialah sertifikasi IP68, Always-on display, USB Type-C, fingerprint, dan baterai 3.000 mAh.

6. Samsung Galaxy A7 2017


Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Samsung Galaxy A7 (2017) juga mengalami berbagai peningkatan. Pertama layarnya lebih besar dari 5,5 inci (Galaxy A7 2016) menjadi 5,7 inci Super AMOLED, sayangnya resolusinya masih sama 1.080p.

Dapur pacunya sama seperti Galaxy A5 (2017), dengan Exynos 7870, dan RAM 3 GB. Pun begitu kameranya yang meningkat menjadi 16 MP depan dan belakang. Fitur unggulan lainnya ialah sertifikasi IP68, always-on display, USB Type-C, fingerprint, dan baterai 3.600 mAh.

7. Sony Xperia XZ


Sony Xperia XZ adalah smartphone flagship terbaru Sony yang dirilis di perhelatan elektronik akbar IFA 2016 yang berlangsung di Berlin, Jerman. Untuk menjawab kebutuhan kamu saat ini, Sony pun melengkapinya dengan sejumlah fitur baru. Sony Xperia XZ memfokuskan diri pada keunggulan fitur, desain, performa, kamera, dan daya tahan baterainya.

Sebagai smartphone andalan Sony, Xperia XZ juga mewarisi kemampuan anti-air dengan sertifikasi IP68. Artinya, kamu bisa mengajak Xperia XZ menyelam hingga kedalaman sampai 1,5 meter selama 30 menit. Sony juga menggunakan material spesial yang disebut ALKALEIDO, yaitu kombinasi alumunium yang sangat nyaman disentuh dan anti terhadap bekas sidik jari.

8. Samsung Galaxy S7


Selanjutnya smartphone flagship Samsung 2016, tentu saja Samsung Galaxy S7. Fitur Water Resistant ini sudah sempat melengkapi Galaxy S5, kemudian absen di Galaxy S6 dan pada akhirnya kembali lagi di Galaxy S7.

Samsung pun mengklaim kemampuan tahan air pada Galaxy S7 jauh lebih memukau. Dari segi sertifikasi sendiri Galaxy S7 sudah mengusung IP68. Menariknya, Samsung tak melengkapi penutup karet pelindung pada port USB dan jack audio, jadi kamu tak perlu repot-repot membuka tutup karet pelindung yang juga rentan rusak.

9. Samsung Galaxy Note 7


Setelah melengkapi fitur waterproof pada duo flagship Galaxy S7. Samsung turut menghadirkan fitur tahan air ini ke dalam phablet terbarunya, yakni Samsung Galaxy Note 7. Ini adalah pertama kalinya, seri Note dilengkapi perlindungan tahan air dan debu dengan sertifikasi IP68, sama seperti di Galaxy S7.

Alhasil, Galaxy Note 7 bisa menyelam hingga kedalaman sampai 1,5 meter selama 30 menit. Menariknya, perlindungan tersebut ternyata juga mencakup stylus S-Pen sehingga kamu tetap bisa menggunakan stylus tersebut untuk menulis meski dalam keadaan hujan atau bahkan di dalam air.

10. Motorola Droid Turbo 2 (Coating Water-repellent)


Motorola juga punya ponsel tahan air, yakni Droid Turbo 2. Tak hanya bisa tahan air, ponsel Android ini juga tahan banting. Layar Motorola Droid Turbo 2 ini dilindungi dengan teknologi ShatterShield, yang terdiri dari 5 lapisan untuk dapat menjamin daya tahan pada layar. Motorola juga menjamin layar ponsel ini tidak akan pecah selama kurun waktu 4 tahun.

Untuk fitur tahan airnya sendiri, Motorola telah menyematkan Droid Turbo 2 dengan teknologi water-repellant nano-coating. Di mana membuat ponsel tetap aman terhadap hujan ringan, percikan air dan tumpahan air sesekali. Jadi, ponsel yang juga dikenal dengan Moto X Force ini bukan untuk ditenggelamkan ke dalam air ya.

11. Kyocera Torque KC-S701


Buat kamu yang punya aktivitas outdoor yang menantang, tentunya kamu butuh smartphone yang tak cuma tahan air tapi juga tahan banting. Jawabannya ada di Kyocera Torque KC-S701, yang dilengkapi dengan perlindungan Standar Militer 810G terhadap debu, guncangan, getaran, suhu ekstrem, hujan, tekanan rendah, radiasi matahari, kabut garam, dan kelembaban.

Ya, sangat ideal buat kamu yang senang berpetualang. Dengan sertifikasi IPX8, Kyocera Torque KC-S701 bisa kamu ajak menyelam hingga 1,5 meter selama 30 menit. Untuk memastikan bahwa ponsel ini tahan air, pastikan semua penutup port USB dan audio jack telah benar-benar tersegel ya.

12. Samsung Galaxy S7 Edge


Samsung Galaxy S7 Edge adalah varian Galaxy S7 dengan layar yang lebih besar dan punya layar melengkung di kedua sisinya. Sama seperti Galaxy S7, Galaxy S7 Edge juga sudah mengantongi sertifikat IP68. Galaxy S7 Edge ini mampu tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Samsung tak memasang tutup pelindung pada port USB dan headphone, seperti yang dilakukan pada Galaxy S5. Hal tersebut dimungkinkan segel karet yang melindungi sisi dalam tiap lubang konektor. Sekarang kamu nggak perlu lagi repot-repot membuka tutup cover untuk mengisi baterai.

13. Caterpillar Cat S60 (Waterproof Hingga 5 Meter Selama Satu Jam)


Caterpillar Cat S60 adalah smartphone tangguh, yang dilengkapi dengan kamera thermal pertama di dunia dan digadang-gadang sebagai smartphone tahan air terbaik di dunia. Ponsel ini mampu bertahan dalam air hingga kedalaman 5 meter selama 1 jam. Cocok banget buat kamu yang memang hobi foto underwater, karena dilengkapi dengan kamera thermal dari FLIR dan mampu mengukur suhu obyek dari jarak 15–30 meter. Kameranya sendiri beresolusi 13MP dan depan 5MP.

Selama ini jajaran smartphone besutan Caterpillar memang terkenal dengan ketangguhannya untuk penggunaan outdoor. Ketangguhan Cat S60 ini tak perlu diragukan lagi dengan sertifikat IP68 dan MIL-STD-810G. Ponsel ini tak hanya tahan air tapi juga tahan banting dan bahkan ketika jatuh dari ketinggian 1,8 meter sekali pun.

14. Sony Xperia X Performance


Jajaran seri Xperia Z, tentunya identik dengan smartphone kelas atas Sony. Sayangnya, kita tidak akan melihat penerus dari Xperia Z5. Sony memutuskan untuk mengakhiri keluarga Xperia Z dan digantikan dengan seri Xperia X yang sudah mejeng di MWC 2016 Februari lalu.

Seperti halnya seri Z, seri X juga dilengkapi dengan fitur Water Resistant. Xperia X Performance misalnya, ponsel ini punya sertifikasi IP68 yang mampu tenggelam dalam air tawar hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

15. Sony Xperia Z5


Seri Z pertama hingga yang terakhir yakni Xperia Z sampai Xperia Z5, semuanya dibekali dengan keunggulan bodi kedap air. Nah, sejak generasi Xperia Z3+, Sony menerapkan inovasi baru. Di mana port micro-USB dibiarkan terbuka tanpa penutup kedap air.

Karena tidak memiliki penutup, pengguna tak perlu repot membuka tutup cover USB saat ingin mengisi baterai. Kendati selalu terbuka, port micro USB pada Xperia Z3+ hingga model Xperia Z5 tetap kedap air. Smartphone ini memang memiliki ketahanan terhadap air dan debu dengan sertifikasi IP68. Demikian juga dengan lubang konektor jack audio 3,5mm yang tidak ditutup cover, mungkin karena alasan kepraktisan.

16. CAT S40 (BONUS!)


CAT adalah merek peralatan berat, tapi mereka juga melebarkan bisnisnya. Brand asal Perancis itu juga membuat smartphone dan selalu mengedepankan fitur tahan banting yang berarti juga tahan air dan debu. S40 mengantongi sertifikasi IP68, yang berarti tahan debu, dan mampu bertahan hingga kedalaman 1,5 meter. CAT S40 terlihat cukup tampan untuk sebuah perangkat tahan banting.


Itulah 15+ smartphone Android kedap air terbaik dan terbaru edisi 2017. Jaka tidak menyarankan kamu untuk sengaja menenggelamkan smartphone meski sudah dilengkapi dengan sertifikasi untuk tahan air dan debu, hanya saja kamu tidak perlu khawatir ketika smartphone tak sengaja terkena air.

Misalnya, ketika kamu kehujanan atau ketika bermain di kolam renang. Untuk mengetahui arti sertifikasi IP di smartphone tahan air, kamu bisa baca artikel berikut: Inilah Arti Kode Sertifikasi Smartphone Tahan Air. Smartphone Android tahan air mana yang menjadi favorit kamu?

(Credits: Lukman Azis/JT)

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
DomaiNesia
DomaiNesia