www.domainesia.com

Cara Transfer File Antar CPANEL Web Hosting dengan Cepat Tanpa Download

Terkadang kita perlu memindahkan file berukuran besar dari satu CPANEL hosting ke CPANEL hosting yang lain, hal ini biasanya terjadi jika ingin melakukan backup atau ketika kita ingin migrasi dari hosting lama ke hosting baru.

Secara manual biasanya kita akan mendownload file dari hosting lama terlebih dahulu ke komputer pribadi kita, lalu kemudian setelah itu baru di upload ke server hosting baru. Ada proses download dan upload disitu, dimana kerugiannya adalah terlalu banyak proses yang dilakukan tentu akan memakan waktu yang cukup lama, apalagi jika koneksi internet rumah Anda tidak bagus. Selain itu cara tersebut juga bisa menghabiskan kuota internet ketika proses download dan upload apabila Anda menggunakan paket internet dengan kuota yang terbatas.

Ilustrasi Transfer File (Image: intel.com)

Nah, tulisan jurnalweb kali ini mungkin bisa jadi solusi untuk permasalahan Anda tersebut. Karena dengan cara ini Anda bisa melakukan transfer file dengan cepat antar hosting, tidak menghabiskan waktu, tidak menghabiskan kuota internet, karena resource yang kita gunakan adalah hanya server hosting masing-masing hosting saja.

Logikanya, kita memerintahkan hosting baru untuk mendownload file dari hosting lama.

Cara transfer file antar CPANEL hosting dengan cepat

Di hosting lama

  1. Login ke CPANEL hosting lama
  2. Compress terlebih dahulu semua file yang ingin anda transfer menjadi satu file saja, misalnya http://www.DomainLama.com/FILE_WEB_SAYA.zip


Di hosting baru
1. Login ke CPANEL hosting baru
2. Buat sebuah file PHP dengan nama move.php dan copy paste script berikut

<?php
/* Mengambil file dari hosting lama */
/* File juga bisa diambil dari IP tertentu */
$content = file_get_contents("http://DomainLama.com/FILE_WEB_SAYA.zip");

/* Menyimpan file di hosting baru. pada folder yang diinginkan */
$fp = fopen("/home/u86427JWEB/public_html/FILE_WEB_SAYA.zip", "w");
fwrite($fp, $content);
fclose($fp);
?>

Fungsi script diatas adalah membaca file dari hosting lama dan memindahkannya ke lokasi folder tertentu yang ada di server hosting baru. Terlihat disitu kita mengambil file dari DomainLama.com. Anda juga bisa mengambil file dari IP nya, misalnya 201.12.128.xxx (disesuaikan). Setelah file dibaca maka script diatas akan secara otomatis mendownload dan menyimpan file di folder yang ditentukan (/home/u86427JWEB/public_html/). Untuk nama folder u86427JWEB bisa berbeda-beda, tergantung yang diberikan oleh hosting, jadi silahkan ubah sesuai dengan folder hosting Anda.

3. Jalankan di address bar browser alamat berikut: http://www.DomainBaru.com/move.php. Selanjutnya tinggal menunggu proses transfer selesai, kecepatan transfer tergantung dari kecepatan komputer server lama dan barunya.

4. Periksa folder public_html pada hosting baru, file yang Anda transfer harusnya sudah tersedia dalam beberapa menit saja. Berdasarkan pengalaman, kami transfer file 80MB antar dua shared hosting selesai dalam waktu kurang lebih 2 menit saja.

Anda bisa mendownload script diatas di sini.

Untuk melakukan cara ini hosting harus mendukung fungsi PHP Fopen, karena beberapa hosting tidak membolehkan penggunaan fungsi Fopen karena alasan tertentu (biasanya keamanan).

(Credits: JurnalWeb)

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
DomaiNesia
DomaiNesia