www.domainesia.com

10 Produk Teknologi yang Diprediksi Gagal, Tapi Justru Laris Manis!


Sebagai generasi yang hidup di era modern dengan berbagai kemajuan teknologi yang tersedia, kamu tentu termasuk yang juga menggunakan produk-produk teknologi dalam aktivitas sehari-hari, misalnya internet, smartphone dan produk teknologi lainnya.

Bicara soal produk teknologi, tahukah kamu jika ternyata ada beberapa produk teknologi yang kini populer dan banyak digunakan masyarakat justru sebelumnya pernah diremehkan dan diprediksi gagal. Salah satu produk teknologi yang disebutkan di atas, internet, ternyata termasuk salah satunya lho.

Berikut ini Jaka ulas sepuluh produk teknologi yang diprediksi gagal, tapi justru laris manis dan banyak digunakan hingga kini.

10 Produk Teknologi Sukses, Padahal Diprediksi Gagal


1. Amazon Echo


Pertanyaan besar sempat terlontar dari mulut para pakar teknologi kala Amazon berniat mengintegrasikan teknologi Artificial intelligence (AI) ke dalam sebuah bluetooth speaker. Teknologi AI dianggap lebih cocok disematkan ke smartphone atau gadget lain yang memilii layar.

Anggapan itu sukses dimentahkan karena dua tahun setelah dirilid, produk Amazon Echo sukses terjual sebanyak lebih dari lima juta unit. Kesuksesan tersebut akhirnya membuat Amazon menciptakan speaker-speaker berikutnya, termasuk yang memiliki layar.


2. iPod dan iPad


Dua gadget keluaran Apple ini pada awalnya sama-sama sempat dianggap remeh dan diprediksi mengalami kegagalan. Baik iPod maupun iPad sama-sama diprediksi tak mampu bersaing dengan produk yang sudah lebih dulu merajai pasar. Jika iPod dirasa tak bisa mengalahkan MP3 Player, iPad dianggap tak akan punya peminat karena konsepnya yang serba tanggung jika antara smartphone dan notebook.

Anggapan itu nyatanya bisa diputarbalikkan Apple dengan angka penjualan dua produknya yang terbilang tinggi. iPod sukse laku terjual sebanyak 400 juta unit, sedangkan iPad sebanyak 15 juta unit selama sembilan bulan semenjak perilisannya.


3. Web


Saat pertama kali Tim Berners-Lee menemukan World Wide Web (WWW) di tahun 1989. Banyak orang meremehkannya karena dianggap super lambat, membingungkan dan ada pula yang menganggapnya berbahaya. Rasanya tak ada yang menyangka jika kini internet sudah jadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Hal itu terbukti dengan jumlah pengguna internet di seluruh dunia yang sudah mencapai 3,5 milyar!


4. Bitcoin


Produk teknologi yang baru diperkenalkan pada tahun 2009 ini juga mendapat banyak anggapan skeptis karena dianggap terlalu rumit penggunaannya. Namun setelah melakukan pembaharuan di tahun 2015, Bitcoin kini sudah banyak mulai diketahui dan digunakan orang. Bahkan, Bitcoin sudah digunakan sebagai alat pembayaran sah pada banyak retailer.


5. Nintendo Switch


Konsol yang satu ini diprediksi tak akan laku di pasaran. Banyak yang beranggapan bahwa tak akan ada yang membeli Nintendo Switch, selain penggemar sejati Nintendo. Tak disangka, Nintendo Switch justru malah meraih kesuksesan yang terbilang fenomenal. Di tahun pertamanya, konsol yang satu ini sukses terjual sebanyak 14 juta unit.


6. Spotify


Sebelum populer aplikasi yang menyediakan layanan streaming musik, kemunculan Spotify dianggap sebagai sebuah lelucon. Banyak juga yang mempertanyakan kenapa harus membayar biaya berlangganan untuk mendengarkan musik? Faktanya, Spotify kini jadi salah satu layanan streaming musik terlaris di dunia. Dengan strategi marketing brilian, Spotify kini sudah memiliki lebih dari 140 juta pengguna.


7. Phablet


Nyaris sama seperti iPad atau tablet pada awal kemunculannya. Konsep phablet alias smartphone tablet dirasa sebagai sebuah konsep tanggung dan tak terlalu dibutuhkan pengguna gadget. Namun, kemunculan seri Galaxy Note pertama kala itu malah sukses membuat banyak orang tertarik. Hingga kini, produsen smartphone berlomba-lomba mengeluarkan seri-seri phablet sebagai salah satu andalannya.


8. Microsoft Surface


Meski menyematkan fitur canggih, Microsoft Surface sempat dicap sebagai produk teknologi gagal karena konsepnya yang dirasa aneh dan rawan rusak. Namun setelah melakukan upgrade di beberapa aspek, termasuk memperbarui OS, Microsoft Surface sukses menghasilkan angka penjualan yang terbilang baik.


9. WhatsApp


Siapa sih yang tidak atau belum pernah menggunakan WhatsApp. Aplikasi perpesanan ini awalnya dianggap hanya ikut-ikutan dan tak akan mampu menyaingi BlackBerry Messenger (BBM) yang kala itu tengah merajai pasar aplikasi perpesanan. Dengan terus berbenah dan mengembangkan beragam fitur, WhatsApp kini sukses jadi salah satu aplikasi perpesanan terlaris di dunia.


10. Xbox


Bicara konsol game, mayoritas gamer akan langsung tertuju pada PlayStation. Microsoft kala itu dikatakan terlalu ambisius kala ingin membuat konsol game untuk menyaingi konsol buatan Sony. Dengan terus melakukan pengembangan di setiap tahun dan setiap seri yang dikeluarkannya, Xbox kini sudah bisa dikatakan seimbang, bahkan unggul di beberapa aspek jika dibandingkan dengan PlayStation.


Akhir Kata

Itulah sepuluh produk teknologi yang diprediksi akan gagal, ternyata malah sukses dan laris manis di pasaran. Dari sepuluh produk teknologi di atas, adakah yang kini sedang kamu miliki dan gunakan? Setujukah kamu kalau produk teknologi itu layak diremehkan? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.


Ditulis oleh Reynaldi Manasse

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
DomaiNesia
DomaiNesia