www.domainesia.com

Cara Upgrade Redmi 2 ke Android 8 Oreo (Tutorial Lengkap PC dan HP)

UPDATE: Custom ROM terbaru Android 10 untuk Redmi 2.

Admin meminta maaf sebelumnya karena tidak melanjutkan tutorial hingga ke versi terbaru saat ini dikarenakan device yang admin miliki adalah varian 1/8, dan kabar dari thread LM kernel mengatakan Luan memiliki varian yang sama (1/8) dan ia tidak merekomendasikan untuk upgrade versi Android di atas Oreo karena menyebabkan laggy dan suffers disebabkan oleh RAM yang rendah. Untuk pengguna varian model 2/16 mengatakan normal tidak ada masalah. Itu terserah Anda, jangan lupa lakukan backup agar berjaga-jaga untuk restore HP Anda ke versi original tanpa trouble. Cara-caranya kurang lebih sama dengan cara di bawah, lakukan clean install supaya lebih fresh dan meminimalisir bug, hanya saja beberapa file terbaru silakan disesuaikan yang tertera pada thread di link tersebut di atas (misalnya firmware, GApps, dan lainnya).

***

Redmi 2 (atau Hongmi 2) adalah telepon cerdas Xiaomi penerus Redmi 1S yang dirilis pada 4 Januari 2015. Redmi 2 menggunakan sistem operasi Android 4.4.4 KitKat dengan antarmuka MIUI versi 6. Redmi 2 sudah mendukung jaringan 4G LTE. Redmi 2 juga sudah mendukung fitur OTG.

Menurut saya smartphone yang satu ini best price value banget, paling canggih, paling mantap, paling gahar speknya, tetap dengan harga yang murah, tetapi untuk tahun rilisnya. 😀 Dibandingkan dengan smartphone yang sudah dijual di pasaran saat ini, jelas kalah telak sob, teknologi semakin maju. Tetapi gak masalah kok, smartphone ini masih bisa digunakan dengan baik, bahkan saya masih menggunakannya sampai ketikan ini ditulis, masih mantap sob. 😀

Sayangnya update OS yang dipakai Redmi 2, yaitu MIUI terhenti sampai di sini saja sob, tepatnya pada MIUI 9 versi V9.2.3.0.KHJMIEK. Huruf K pada awal code name berarti Kitkat. Iya sob, Redmi 2 sampai rilis pembaruan OS terakhir kali masih di Kitkat. Padahal aplikasi zaman now saja sudah banyak yang update dengan spesifikasi OS minimum berada pada Android 5 Lollipop, menyedihkan.

Apakah kepemilikan Redmi 2 sampai di sini saja? Saya harus rela melepaskan Redmi 2 beserta segala kenangan selama 3 tahun lamanya. EITS GAK PERLU! Alhamdulillah saya masih bisa menimang Redmi 2 tercinta ini, karena kabarnya device ini mendapat update operating system. Bukan ke Android 5 Lollipop, atau Android 6 Marshmallow, atau Android 7 Nougat, tapi langsung loncat ke Android 8 Oreo! Wow mantap sekali, hahaha.

Namun perlu diingat, ini adalah Custom ROM alias versi unofficial dari MIUI ya, jadi kita akan melupakan segala kenangan selama menggunakan MIUI yang sudah dihentikan supportnya untuk Redmi 2.

LineageOS 15.1 (Android 8.1 Oreo)

Custom ROM yang paling dikenal saat ini adalah Lineage OS, yang dulunya bernama CyanogenMod. Lineage OS akan memberikan dukungan secara resmi terhadap sebuah perangkat pada saat seorang developer sudah mampu membuat ROM buatannya menjadi stabil.

Untuk melakukan instalasi Lineage OS, tentu saja dibutuhkan pengetahuan yang cukup. Apa? Saya belum mengerti, bagaimana caranya? Tenang saja, tim RI-Cyber sudah buatkan tutorialnya.

Sebelumnya silakan kalian download terlebih dahulu untuk bahan-bahannya. Jika menggunakan Windows PC, taruh semua file di Desktop untuk memudahkan. Jika menggunakan HP taruh semua file selain bertanda untuk Windows PC ke folder utama kartu memori (di luar folder) untuk memudahkan.
  • ADB Fastboot: Download (Untuk Windows PC)
  • Universal ADB Driver: Download (Untuk Windows PC)
  • TWRP: Download
  • Firmware (2014811/12/17/18/19/21 = wt88047; 2014813/112 = wt86047; Lihat model name di belakang ponsel, bawah baterai): Download
  • LineageOS 15.1: Download
  • Google Apps (8.1 ARM): MindTheGapps / OpenGApps (Optional)
  • AddonSU (ARM): Download (Optional)


Jika semua bahan di atas sudah di download, langsung saja ke tutorialnya. Oh iya, untuk tutorial 1 dan 2 adalah untuk menggunakan PC. Jika Anda menggunakan HP silakan skip langsung ke tutorial 3 dan selanjutnya yang berada di bawahnya.


1. Install ADB Fastboot

Extract file ADB Fastboot yang sudah di download tadi ke %USERPROFILE%\adb-fastboot. Lalu buka Control Panel (WinKey + X) > System and Security > System > Advanced System Settings > Advanced > Environment Variables. Lalu pilih variable Path di System variable, dan klik Edit Text. Tambahkan ;%USERPROFILE%\adb-fastboot\platform-tools di baris paling terakhir, lalu pilih OK. Lalu install Universal ADB Driver yang sudah di download tadi dan restart PC Anda.

2. Setting ADB

Hidupkan ADB Debugging di HP kalian dengan membuka Settings > About > Pencet MIUI Version beberapa kali hingga muncul notice. Lalu kembali ke Settings > Advanced Settings > Developer Options. Scroll ke bawah, cari Debugging dan pilih ON untuk Android/USB Debugging. Lalu colokkan kabel USB ke PC. Buka Command Prompt (Admin) di PC (WinKey + X) dan ketikkan adb devices. Nanti akan muncul notice allow usb debugging di HP, dan centang always allow lalu pilih OK.

3. Install Custom Recovery

Custom recovery yang akan digunakan kali ini adalah TWRP. Hubungkan HP Anda ke PC dengan kabel USB. Buka Command Prompt (Admin) di PC (WinKey + X) dan ketikkan adb reboot bootloader. Kemudian verifikasi device Anda dengan mengetikkan fastboot devices. Lalu ketikkan fastboot flash recovery <recovery_filename>.img, sesuaikan <recovery_filename>.img dengan nama versi .img dan tempat di folder mana TWRP yang kalian download tadi. Pada tutorial kali ini saya menggunakan nama TWRP versi twrp-3.2.1-0-wt88047.img di folder RI-Cyber pada Desktop, maka yang diketikkan adalah fastboot flash recovery %USERPROFILE%\Desktop\RI-Cyber\twrp-3.2.1-0-wt88047.img. Kemudian ketikkan kembali fastboot boot <recovery_filename>.img dan sesuaikan kembali <recovery_filename>.img sama seperti sebelumnya, atau tekan Volume Up + Volume Down + Power dalam keadaan HP mati..

Jika kamu menggunakan HP, gunakan TWRP Mod. Untuk cara installnya dengan membuka app Updater di folder Tools pada halaman depan Redmi 2, lalu pilih titik tiga di kanan atas, pilih paket pembaruan, dan pilih file TWRP Mod. Jika ingin melakukan pembaruan ke TWRP terbaru bisa langsung masuk ke TWRP dengan menekan Volume Up + Volume Down + Power dalam keadaan HP mati. Saat pertama kali masuk ke TWRP ada halaman selamat datang dan peringatan, centang dan swipe ke kanan, lalu pilih Install dan pilih file TWRP yang sudah di download tadi dan swipe ke kanan.

4. Update Firmware

Step ke-4 ini untuk yang menggunakan MIUI pada Android 4.4.4 KitKat. Jika kamu saat ini menggunakan MIUI pada Android 5 Lollipop, kamu tidak perlu mengikuti tutorial 4, silakan lanjut ke tutorial 5. Di dalam TWRP, pilih Advanced > ADB Sideload > swipe ke kanan. Ketikkan adb sideload filename.zip di Command Prompt (Admin) dengan menyesuaikan filename.zip dengan nama file Firmware yang sudah di download tadi sama seperti di step ke-3.

Jika kamu menggunakan HP, di dalam TWRP pilih Install > dan pilih file Firmware yang sudah di download tadi dan swipe ke kanan.

5. Format Data

Sebelum melakukan clean install LineageOS, kita lakukan pemformatan memori internal terlebih dahulu. Disarankan untuk backup data kamu terlebih dahulu melalui menu Backup dan swipe ke kanan di TWRP, atau jika memiliki kartu memori bisa juga melalui Advanced > File Manager dan pindahkan semua data dari memori internal (/sdcard) ke kartu memori (/external_sd).

Masih di dalam TWRP, pilih WipeFormat Data > ketik YES dan centang. (Ini akan menghapus semua enkripsi dan file di memori internal). Lalu kembali ke menu WipeAdvanced Wipe > pilih Cache dan System > swipe ke kanan.

6. Install LineageOS

Masih di dalam TWRP, pilih pilih Advanced > ADB Sideload > swipe ke kanan. Ketikkan adb sideload filename.zip di Command Prompt (Admin) dengan menyesuaikan filename.zip dengan nama file LineageOS yang sudah di download tadi sama seperti di step ke-3.

Jika kamu menggunakan HP, di dalam TWRP pilih Install > dan pilih file Firmware yang sudah di download tadi dan swipe ke kanan.

7. Install Google Apps

Bawaan custom ROM LineageOS tidak terdapat Google Apps. Jika kalian terbiasa dan membutuhkan Google Apps seperti Google Play Service, Google Play Store, dan kawan-kawannya, silakan ikuti tutorial ini, jika tidak membutuhkan bisa skip ke tutorial selanjutnya.

Masih di dalam TWRP, pilih pilih Advanced > ADB Sideload > swipe ke kanan. Ketikkan adb sideload filename.zip di Command Prompt (Admin) dengan menyesuaikan filename.zip dengan nama file Google Apps yang sudah di download tadi sama seperti di step ke-3.

Jika kamu menggunakan HP, di dalam TWRP pilih Install > dan pilih file Google Apps yang sudah di download tadi dan swipe ke kanan.

8. Install AddonSU

AddonSU ini adalah super user alias untuk root HPmu. Step ini adalah opsional, jika membutuhkan bisa ikuti tutorial ini, jika tidak membutuhkan bisa skip ke tutorial selanjutnya.

Masih di dalam TWRP, pilih pilih Advanced > ADB Sideload > swipe ke kanan. Ketikkan adb sideload filename.zip di Command Prompt (Admin) dengan menyesuaikan filename.zip dengan nama file AddonSU yang sudah di download tadi sama seperti di step ke-3.

Jika kamu menggunakan HP, di dalam TWRP pilih Install > dan pilih file AddonSU yang sudah di download tadi dan swipe ke kanan.


Jika semua tutorial di atas sudah dilakukan, sekarang ketikkan adb reboot di Command Prompt (Admin), atau bisa pilih menu Reboot > System pada TWRP. Jika dimintai menginstall aplikasi dan layanan tambahan dari recovery Anda, kami menyarankan untuk tidak menginstallnya, karena bisa menyebabkan HP Anda menjadi bootloop serta upaya untuk mengakses dan merusak data.

Silakan tunggu HP akan booting ±5 Menit. Setelah selesai akan ada halaman selamat datang dan silakan lakukan konfigurasi HP baru Anda (eh Redmi 2 tercinta rasa baru hahaha 😀), hanya next next saja kan? 😅


Selamat Datang di LineageOS 15.1 (Android 8.1 Oreo)! 😍


Mudah bukan melakukan upgrade Redmi 2 ke Android 8 Oreo? Jangan lupa share artikel ini jika kamu merasa artikel ini bermanfaat ya 😉. Jika ada yang ingin ditanyakan silakan sampaikan melalui kolom komentar. Terima kasih. 😘

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
DomaiNesia
DomaiNesia