www.domainesia.com

Menyampaikan Pemikiranmu ke Orang Lain Sebagai INFP

JK Rowling, Shakespeare, Ernest Hemmingway adalah salah sedikit dari karakter terduga INFP.


INFP memiliki imajinasi yang tinggi. Fi yang bergandengan dengan Ne, membuat INFP menjadi sebuah karakter yang otentik. Dengan dasar nilai mereka yang hanya mereka yang mengerti. Saya pernah tahu seorang INFP asal Singapura. Dia bukanlah pemulung. Tapi dia percaya bahwa semua makanan itu ada haknya dan tidak boleh dibuang begitu saja. Jadi, apa yang dia kerjakan? Saat malam menjelang, ia berjalan memilah makanan layak makan dari tempat sampah orang-orang. Dia kumpulkan untuk dia klasifikasi berdasarkan jenis, sayuran, roti, makanan kaleng, daging, frozen food, dan seterusnya. Untuk dia bagikan lagi kepada orang yang membutuhkan dan itu gratis. Terkadang ia juga makan dari tumpukan piring pengunjung di pujasera Singapura. Seperti yang kita tahu, pujasera di singapura pengunjung harus membersihkan mejanya sendiri dan meletakkan piring kotornya di tempat tertentu. Dan dia tidak merasa jengah ketika orang melihat dia makan makanan sisa. Karena bagi dia makanan itu tidak boleh dibuang begitu saja. Sekarang dia sudah punya komunitas sendiri. Bahkan orang yang tahu tentang kegiatannya ikut menyisihkan makanan yang layak makan dan mereka tidaknmau lagi padanya, untuk nanti dia distribusikan ke orang lain yang membutuhkan. Baginya, berbuat baik tidak perlu wah dan harus kaya atau punya banyak uang. Cukup dengan peduli, maka banyak yang bisa dilakukan.

Tipikal Fi-Ne. INFP dengan fungsi Fi - Ne nya adalah tipe yang imajinatif dan punya standar moral yang tinggi. Berbeda dengan Fe, Fi lebih berfokus pada keseimbangan. Fe menjaga keharmonisan orang-orang di sekitarnya. Sementara Fi menjaga keseimbangan nilai dan keselarasan. Makanya Fi bisa juga memberontak, dan keras kepala, terutama jika segala sesuatu tidak cocok dengan nilai yang dia pegang.

JK Rowling, di masa sulitnya mengembara dalam dunia Harry Potter. Cukup di kepalanya, ia tuangkan segala imajinasi liarnya dalam bentuk tulisan. Ketika anaknya sakit panas, terciptalah tokoh pelahap maut, yang dalam novel Harry Potter bertugas untuk menarik jiwa orang tersebut sehingga dia tetap hidup tapi tidak berjiwa. Begitulah dia mengeluarkan segala yang tidak menyenangkan dalam kehidupannya dengan menciptakan tokoh khayalan untuk melepaskan beban berat yang dia alami.

Jadi kalau saya boleh memberi masukan pada INFP, mulailah menuliskan segala imajinasi, keresahan dan pemikiran yang mengganggu di kepala Anda. Lalu buatlah alurnya, detilnya apa yang bisa dilakukan. Saya memperhatikan, INFP memiliki keahlian dalam berbahasa, baik lisan dan tulisan. Jika Anda terlalu ‘malu’ untuk berinteraksi dengan orang lain, mungkin bisa menulis blog, jurnal atau apa saja.

Jika anda ‘mau menunjukkan siapa saya dengan nilai saya’, bergeraklah. Buatlah perubahan kecil, tapi teruslah membuat jurnal pribadi.

INFP dianugerahi kemampuan yang unik dan berbeda, pelajarilah itu apa.

Saya kenal INFP yang berbakat mendisain bisnis cafe. Cafe nya unik, ada nilai estetika yang tidak sama dengan di tempat lain.

Saya juga tahu INFP yang suka menyusun barang - barang. Dia berbakat di bidang penyortiran, akhirnya membuka usaha bersih-bersih barang, mana yang perlu dan mana yang tidak. Dengan pendekatan yang dia lakukan, banyak orang terbantu untuk melakukan ‘pembersihan’ barang di rumanya, dan sekaligus bisa beramal dengan tumpukan barang ‘yang selama ini dia pikir perlu tapi ternyata tidak perlu’.

Tulislah dan tunjukkanlah siapa Anda. Carilah orang yang mau bergerak bersama Anda, dan lupakan toxic people.

Semoga membantu!

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
DomaiNesia
DomaiNesia