www.domainesia.com

10 Tips Menulis Artikel Blog agar Disukai Pembaca

Meskipun saya bukan blogger yang jago nulis tapi nggak ada salahnya jika saya berbagi apa yang sudah saya pelajari. Siapa tahu bisa memberi manfaat. Khususnya bagi yang merasa tulisannya jelek.

Berikut ini adalah tips menulis artikel blog keren banget agar disukai pembaca :

1. Menulis seperti ngomong ke teman

Hal paling mudah supaya tulisan kita enak dibaca adalah dengan menulis seperti halnya kita sedang ngomong ke teman.

Bagi sobat yang jarang ngomong khususnya ngomong bahasa Indonesia mungkin agak sedikit sulit. Solusinya cuma ada satu, praktek, praktek, dan praktek.

2. Tahu dengan topik yang ditulis

Salah satu alasan kenapa tulisan kita nggak enak dibaca adalah karena kita nggak ngerti dengan topik yang kita tulis.

Mungkin ini menjadi salah satu alasan kenapa blog ini jarang diupdate. Saya nggak kepengin nulis sesuatu yang saya sendiri ngga ngerti dan nggak paham.

3. Jangan kebanyakan basa-basi

Pengguna internet sekarang super sibuk. Jangan habiskan waktu pembaca blog sobat hanya untuk membaca basa-basi nggak penting dari sobat.

Basa-basi boleh, tapi usahakan untuk tidak terlalu panjang lebar dan bertele-tele.

4. Libatkan pembaca

Jika sobat sudah sering membaca di blog ini pasti sobat tahu jika saya sangat sering menggunakan kata “sobat.” Alasannya karena saya kepengin melibatkan pembaca blog ini.

Jika di setiap tulisan yang sobat tulis hanya membahas tentang “saya, saya, dan saya” atau “dia, dia, dan dia” maka lama-lama pengunjung akan males karena merasa tidak dianggap. hehehe..

5. Gunakan gaya bahasa yang mudah dipahami

Usahakan untuk menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami karena nggak semua pembaca blog kita mempunyai tingkat kecerdasan yang sama. Ada yang cerdas, ada yang lumayan cerdas, sampai ada yang go**ok banget.

Seperti apa itu gaya bahasa yang mudah dipahami?

  • Menggunakan kosakata yang sederhana
  • Tidak menggunakan istilah-istilah yang nggak jelas
  • DLL.


6. Jangan menulis paragraf terlalu panjang

Usahakan setiap paragraf yang sobat tulis tidak lebih dari 3 baris atau tiga kalimat. Meskipun ini mungkin terlihat sepele tapi menurut saya sangat penting karena paragraf yang terlalu panjang bikin mata cepet pegel.

7. Gunakan Subheading

Salah satu hal sepele lain yang mungkin sering diabaikan oleh blogger adalah penggunaan subheading. Fungsinya sama seperti nomor 6, supaya bikin mata nggak cepet pegel.

8. Gunakan bullet point

Yang saya maksud dengan bullet point adalah seperti ini:

  • Ini contoh bullet point
  • Tulisan jadi enak dibaca
  • Nggak bikin bosen


9. Gunakan Gambar

Dulu saya paling males menggunakan gambar pada postingan. Alasannnya kerena ribet dan menurut saya nggak penting. Tapi kalo sekarang kebalikannya, menggunakan gambar pada postingan adalah sebuah keharusan.

10. Edit sebelum dipublikasikan

Setelah sobat selesai menulis artikel blog, pastikan sobat membaca ulang apa yang sudah sobat tulis dan edit beberapa bagian jika diperlukan.

Perbaiki kata-kata yang salah ketik, hapus kalimat-kalimat yang tidak begitu penting, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Menulis artikel blog yang keren sebenernya nggak sulit. Yang membuat sulit karena kita nggak terbiasa. Jadi biasakanlah menulis artikel di blog. Jangan suka Copy paste artikel Blogger Lain.

Mungkin hanya segitu saja apa yang bisa saya bagikan kali ini. Tulisan ini tentu saja akan selalu saya update, menyesuaikan dengan kemampuan menulis yang saya miliki.

(Credits: Mas Sugeng)

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
DomaiNesia
DomaiNesia